Cara Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah
24 Oct 2018 - oleh DiaResQ Team
Kuman penyakit beredar di sekitar Si Kecil, tak terkecuali sekolah. Penyebarannya bisa terjadi saat ia menyentuh pegangan pintu, permukaan meja, atau benda-benda lain yang digunakan oleh penderita sebelumnya. Umumnya, mereka mudah tertular kuman karena kesadarannya akan kesehatan dan kebersihan masih sangat rendah.

Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan anak. Ingatkan Si Kecil untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, setelah dari toilet, saat bersin, dan lain-lain. Selain itu, gosoklah tangan sedikitnya 20 detik agar kuman-kuman terbasuh dengan efektif.

Berikut ini beberapa cara lain yang bisa Bunda terapkan, agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga saat di sekolah:

Membawakan bekal makanan
Di sekolah, Si Kecil cenderung suka jajan. Kebiasaan ini sering kali berdampak buruk terhadap kesehatannya. Untuk mencegah hal tersebut, bawakanlah Si Kecil bekal dari rumah berupa makanan maupun minuman (salah satunya susu yang bisa menunjang pertumbuhannya). Catat variasi makanan dan minuman kesukaan Si Kecil, lalu jadikan sebagai bekal dan kreasikan semenarik mungkin.

Menggunakan hand sanitizer
Berikan Si Kecil hand sanitizer yang bisa ia simpan di meja atau tasnya. Ingatkan dirinya untuk menggunakan benda tersebut sebelum makan, setelah menggunakan komputer bersama atau barang bersama lainnya, serta setelah dari toilet.

Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin
Berikan tisu untuk dibawa ke sekolah saat Si Kecil sakit. Ingatkan ia untuk batuk atau bersin pada tisu kemudian buang tisu ke tempat sampah, dan jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelahnya. Jika ia tidak membawa tisu, ajarkan padanya untuk mengalihkan wajah ke bahu saat batuk atau bersin.

Kesehatan anak merupakan hal penting yang harus menjadi fokus setiap orangtua. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Si Kecil dengan membekalinya makanan bernutrisi tinggi, mengajaknya untuk tidur cukup, serta melakukan vaksin tepat waktu – termasuk vaksin flu tahunan. Untuk mencegah penyebaran kuman di rumah, terapkanlah kiat-kiat di atas pada seluruh anggota keluarga.