Cegah Diare Perjalanan Dengan Tips Berikut Ini
23 Jan 2019 - oleh DiaResQ Team

Pernyataan tentang diare perjalanan sudah mencerminkan apa yang lumayan sering dialami oleh para traveler. Diare perjalanan merupakan penyakit yang dikategorikan dengan keram perut yang parah dan melonggarnya bentuk feses dan biasanya disebabkan karena kontak dengan sesama ataupun makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Dengan perubahan musim dari musim gugur hingga musim panas yang akan datang, ada baiknya bagi kita untuk mengerti apa saja penyebab-penyebab utama dari diare perjalanan yang dapat anda gunakan untuk mencegahnya terjadi saat liburan.

Bagaimana caranya mengetahui bahwa saya terkena diare perjalanan?

Biasanya gejala dari diare perjalanan serupa dengan diare pada normalnya yaitu tiga kali atau lebih buang air besar dengan feses yang berair, yang biasa diikuti dengan masalah pencernaan lainnya seperti kram perut dan mual. Lebih dari sekadar serangan diare pada umumnya, diare perjalanan dapat terjadi secara tiba-tiba, yang dapat membuat Anda sangat membutuhkan kamar mandi.

Diare perjalanan biasanya terjadi saat berlibur ke luar negeri dikarenakan tubuh anda terpapar mikroorganisme yang baru dan kurang terjaga kebersihannya, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi saat anda berlibur di dalam negeri.

Penyebab Utama Diare Perjalanan

Jika Anda mengetahui penyebab diare yang paling sering ditemui, anda dapat mengambil langkah untuk menghindarinya dan membantu memastikan perjalanan Anda bebas dari diare. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum:

  1. Perubahan Pola Makan

Terkadang, diare perjalanan dapat disebabkan oleh fakta sederhana bahwa ketika anda bepergian, pola makan anda berbeda. Sistem pencernaan Anda berurusan dengan rasa dan makanan yang baru dan asing yang dapat menyebabkan sensitivitas dan gejala seperti diare. Untuk membantu menghindari gangguan pencernaan, mulailah secara perlahan dengan memasukkan porsi kecil dari makanan yang memiliki rasa baru untuk pencernaan anda, dan mencoba untuk tidak memperkenalkan terlalu banyak varian rasa dalam sekali suapan.

  1. Stres

Sudah menjadi suatu fakta unik jika tingkat stress dan kecemasan dapat menyebabkan diare, yang juga diperoleh dari berlibur. Bukan hanya kecemasan anda terhadap perjalanan yang akan datang, tetapi juga perasaan kewalahan yang didapat dari saat merencanakan liburan, atau kegelisahan anda menemui budaya baru. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan termasuk diare. Untuk membantu melawan stress saat pergi liburan, cobalah untuk menarik napas dalam 5 menit sebelum makan, atau melakukan meditasi singkat selama 10 menit. Cara ini dapat membantu anda untuk mengikuti jadwal olahraga normal anda saat bepergian. Jika anda adalah orang yang berolahraga secara teratur di rumah, cobalah berjalan-jalan atau berlari setiap hari saat bepergian untuk membantu mengurangi tingkat stres anda.

  1. Mikroorganisme Yang Tidak Diinginkan

Sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering pergi berlibur untuk berjalan dan menemui tempat-tempat yang kurang terjaga kebersihannya dengan banyak mikroorganisme yang asing dan dapat menyebabkan diare. Tubuh anda mungkin dapat terpapar mikroorganisme asing di bandara, restoran ataupun tempat persinggahan umum saat pergi berlibur. Selain itu makanan yang disajikan dengan cara yang berbeda dalam memasak juga dapat menyebabkan gejala diare. Selain mencuci tangan secara teratur dan menjauhkan tangan dari wajah, ssebaiknya anda mengetahui bagaimana makanan anda disiapkan dan apa yang anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Cara Menghindari Diare Perjalanan

Cara terbaik dalam menghindari diare perjalanan adalah dengan menghindari makanan yang perlu dipertanyakan kebersihannya dan juga dengan konsisten untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Berikut ada beberapa tahap yang penting untuk diingat:

  • Hanya meminum air mineral yang sudah difilter ataupun dalam kemasan botol.
  • Hindari mengkonsumsi es yang biasanya dibuat dari air keran
  • Berhati- hati dalam mengkonsumsi minuman seperti koktail dan jus buah yang bisa saja dibuat menggunakan air keran
  • Menyikat gigi hanya dengan air yang sudah disaring ataupun air dari kemasan botol.
  • Menghindari makanan pinggir jalan atau konsumsi makanan yang sudah anda ketahui keamanan dan kebersihan penjualnya.
  • Menghindari konsumsi susu yang tidak di pasteurisasi
  • Konsumsi makanan yang sudah dimasak dibandingkan makanan mentah

Dengan mengikuti dan memahami beberapa tahapan diatas, anda dapat mencegah terjadinya diare perjalanan dan menikmati liburan anda. Terkadang, ketika anda sudah sangat memperhatikan dan melakukan berbagai cara untuk mencegah diare, diare perjalanan tetap tidak dapat dihindari.

DiaResQ sebagai obat diare ampuh menyediakan nutrisi yang bekerja   dengan   tubuh   anda   secara   cepat   untuk mengembalikan fungsi usus menjadi normal dan meredakan diare. DiaResQ aman dikonsumsi sebagai obat diare bagi orang dewasa dan obat diare bagi anak-anak berusia 1 tahun. DiaResQ adalah teman perjalanan yang   harus   dimiliki   bagi   anda   dan   anak-anak   anda.   Jangan   biarkan   diare   mengganggu petualangan Anda berikutnya, pergi dan jelajahi dunia tanpa takut diare dengan DiaResQ.