Makanan Apa Yang Harus Dimakan Saat Diare?
24 Oct 2018 - oleh DiaResQ Team

Saat diare menyerang, Anda akan merasakan mulas, diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB), kemudian mencret. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Diare bahkan bisa bertahan selama beberapa minggu, sehingga dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Namun saat Anda sudah telanjur terserang diare dan Anda tak mau penyakit ini bertambah parah atau berlarut-larut, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari dulu.

Hindari produk susu

Produk susu dapat memicu diare Anda semakin buruk. Sandra Quezada, M.D., asisten profesor di University of Maryland, seperti dilansir WebMD, menyarankan bila Anda mengalami diare kronis, hentikan semua konsumsi produk susu agar diare Anda terkendali.

Makanan berserat tinggi

Serat sangat baik bagi tubuh dan harus selalu ada dalam menu makanan Anda. Namun, Dr. Kussin menyarankan sebaiknya Anda membatasi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan gandum utuh, karena akan sulit dicerna saat Anda sedang diare.

Gluten

Selain membatasi serat, Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gluten, protein yang terkandung dalam produk-produk olahan gandum seperti tepung terigu. Biasanya orang-orang yang harus menghindari gluten adalah penderita penyakit celiac. Dr. Sandra mengatakan, meskipun Anda tidak menderita penyakit celiac, Anda akan merasa lebih baik bila tetap menghindari gluten, terutama saat Anda sedang diare.

Hal ini juga sejalan dengan pendapat Dr. Kussin yang menyarankan agar para penderita diare memakan makanan sederhana seperti sup, roti panggang, daging tanpa lemak, dan minum banyak air.

Makanan berminyak dan berlemak

Douglas A. Drossman, M.D., profesor dari University of North Carolina, mengatakan makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut, sehingga menyebabkan diare makin parah.

Alkohol dan kafein

Baik alkohol maupun kafein, keduanya dapat menyebabkan Anda mencret. Jika Anda terbiasa minum kopi di pagi atau malam hari, sebaiknya berhenti untuk sementara waktu agar tidak memperburuk diare.