Penyebab Diare
Apa itu Diare?
penyebab-diare
Diare adalah penyakit ketika seseorang mengalami menceret sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari.
Diare sering disebabkan oleh reaksi alami tubuh anda terhadap sesuatu yang tidak diinginkan dalam usus Anda. Reaksi ini dapat dipicu oleh berbagai mikroorganisme yang berbeda yang sering menyebar melalui makanan yang terkontaminasi, air minum atau kontak manusia. Selama serangan diare, sistem kekealan tubuh Anda bekerja untuk mengeluarkan penyusup yang tidak diinginkan dan mendapatkan kembali keseimbangan dalam usus Anda.

Makanan dan obat obatan tertentu juga dapat menyebabkan reaksi kekebalan yang sama. Sebagai contoh, individu yang alergi terhadap makanan tertentu mungkin mengalami diare setelah memakan makanan tersebut, karena tubuh bekerja untuk menghilangkan alergen yang tidak diinginkan.
Gejala-Gejala Diare
Tinja yang longgar dan berair
Kebutuhan mendesak untuk buang air besar
Perut kram atau nyeri
Demam
Darah di kloset
Perut kembung
Mual
Berapa lama sebaiknya diare bertahan?
Meskipun sebagian besar kasus diare dapat sembuh dalam beberapa hari, jika diare anda berlangsung lebih dari tiga hari, Anda akan beresiko mengalami dehidrasi. Tubuh Anda membersihkan diri dari pengacau dalam proses melindungi diri dan mengembalikan keseimbangan - cairan penting dan elektrolit juga terbilas dari sistem Anda, yang juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Diare dan dehidrasi berikutnya bisa sangat berbahaya pada anak-anak (terutama bayi), sehingga segera hubungi dokter anak Anda jika gejala diare bertahan lebih dari satu hari.

Sementara diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, obat-obatan seperti loperamide dapat memperpanjang serangan diare, karena mereka bekerja dengan memperlambat proses pembialsan alami tubuh Anda, dan dapat berpotensi membuat pengacau yang menyebabkan masalah dalam usus Anda bertahan lebih lama.
Baca Juga: